PERKEMBANGAN KOMPUTER MASA KE MASA

Image result for glass movie technology youtube
(gambar : Iron Man 2)

Sebelum kita bahas tentang perkembangan komputer alangkah baiknya kita tahu apa itu komputer. menurut wikipedia (https://id.wikipedia.org/wiki/Komputer) Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Komputer itu sendiri berasal dari bahasa Inggris yaitu compute yang artinya menghitung. Maka sudah jelas kalau komputer dibuat untuk mengolah data sesuai prosedur yang telah dirumuskan. Karena pada komputer telah dibuatkan suatu program yang mana program program komputer itu dibuat berdasarkan algoritma matematika. Namun, isi program atau tujuan program dalam komputer tidak menuntut tentang matematika.


Nah, sepertinya sudah cukup untuk membahas penjelasan dari komputer itu sendiri. Sekarang mari kita bahas mengenai Perkembangan Komputer dari Masa ke Masa.


Penemu Komputer

Sejarah Komputer
(gambar Charles Babbage)

Disebutkan dalam artikel Roma Decade (https://www.romadecade.org/sejarah-komputer/#!) Penemu komputer pertama adalah Charles Babbage, dikenal dunia sebagai salah satu penemu sejarah komputer pertama kali. Yang telah banyak memberkan karya pada kehidupan manusia sampai sekarang ini, dari penemuannya.
Mesin penghitung atau bisa di kenal dengan Difference Engine no.1 yang ditemukan oleh Chareles Babbage. Merupakan salah satu icon, yang paling populer dan terkenal dalam sejarah.
Babbage juga dikenal dengan julukan bapak komputer, The Charles Babbage Foundation, dia memakai namanya untuk menghargai jasa atas penemuanya terhadap dunia komputer.
Generasi Komputer
Gen-1
Image result for perkembangan komputer
(gambar : Ilustrasi Komputer Generasi pertama)

IBM - ENIAC - EDVAC - UNIVAC

Mereka adalah komputer yang lahir digenerasi pertama mulai lahir pada tahun 1900 yaitu IBM yang memiliki nama asli Harvard-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator, atau Mark I, Lahir hasil kerja sama salah seorang profesor Harvard yakni Howard H. Aiken dan IBM.Sesuai dengan namanya komputer ini digunakan untuk menghitung sebagaimana mestinya kalkulator yang kita kenal. Namun, dalam proses perhitungannya memakan waktu yang lama sekitar 3-5 detik tiap hitungan berbeda dengan komputer yang kita gunakan sekarang yang dapat menghitung dalam hitungan 0, sekian detik. 

Selanjutnya ada Komputer hasil kolaborasi Amerika bersama University OF Pennsylvania yaitu Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC). Komputer ini dikenal sebagai komputer serbaguna pertama yang berbeda dari komputer IBM. Dirancang pada tahun 1942 dikerjakan pada tahun 1943 dan  selesai pada tahun 1946 oleh John Presper Eckert dan Dr. John W. Mauchly di Moore School of Electrical Engineering (University of Pennsylvania).


Pada tahun berikutnya  John Von Neumann bergabung dalam tim University Of Pennsylvania untuk membuat Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC) pada tahun 1945. Komputer ini telah memiliki Central Processor Unit (CPU) dimana ini menjadi sistem tunggal dalam komputer.

Nah, Ternyata komputer komputer diatas dibuat bukan untuk tujuan komersial melainkan untuk keperntingan militer ataupun kepentingan pemerintah setempat. Bila kita selidiki lagi lebih dalam Komputer generasi pertama ini muncul sekitan Perang Dunia ke-2 pada tahun 1941 oleh Konrad Zuse, Insinyur Jerman yang membangun Komputer bernama Z3 untuk melesatkan Peluru dan Pesawat. Pada tahun 1943 Inggris juga membuat komputer untuk memecahkan kode rahasia Jerman dengan nama Colosuss.

Pada tahun 1951 munculah komputer komersial pertama yang dirancang oleh Remington Rand dengan memanfaatkan arsitektur Von Neumann dengan nama UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) yang dipergunakan untuk Badan Sensus Amerika Serikat dan General Electric.

Ciri Komputer Generasi Pertama :

  1. Ukuran fisik hardware komputer lebih besar, memerlukan ruang yang luas. saking luasnya komputer generasi pertama ini memiliki luas setengah lapangan bola.
  2. Instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk tugas tertentu.
  3. Programnya hanya bisa dibuat menggunakan bahasa mesin.
  4. Membutuhkan daya listrik yang besar.
  5. Suhunya cepat panas, sehingga diperlukan pendingin.
  6. Daya simpannya kecil.
  7. Prosesnya kurang cepat.
  8. Menggunakan Konsep Stored Program dengan memori utamanya adalah Magnetic Core Storage.
  9. Sirkuitnya Menggunakan Tabung Hampa. Penggunaan Tabung Hampa tersebut yang membuat ukuran komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar.


Gen-2

Image result for komputer generasi 2
(gambar : Ilustrasi Komputer Generasi Kedua)

Stretch - Sprery-Rand - LARC

Lahirnya komputer generasi kedua dikarenakan adanya penemuan Transistor yang merubah tatanan perangkat elektronik. Sehingga ukuran komputer yang seluas setengah lapangan menjadi seluas gudang penyimpanan. Lagi - lagi komputer generasi kedua ini diciptakan oleh IBM yang memanfaatkan mesin super komputer. Komputer ini diberi nama Stretch, Sprery-Rand dan LARC. Komputer LARC ini hanya digunakan dua kali yaitu : satu pada Lawrence Radiation Labs di Livermore, California, dan yang lainnya di US Navy Research and Development Center di Washington D.C.

Komputer - komputer ini digunakan laboratorium energi atom, dapat menangani sejumlah besar data, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh peneliti atom kebutuhan komputasi bisnis. Komputer generasi kedua ini sukses dipasaran Universitas, Bisnis dan Pemerintahan.

Komputer generasi kedua ini telah menggantikan bahasa mesin dengan COBOL (Common Business-Oriented Language) dan FORTRAN (Formula Translator) serta bahasa Assembly yaitu bahasa yang menggunakan singkatan-singakatan untuk menggantikan kode biner. Komputer ini muncul sekitar tahun 1956 dengan keluaran series IBM 1401.

Ciri Komputer Generasi Kedua :
  1. Sudah menggunakan operasi dalam bahasa pemrograman tingkat tinggi COBOL dan FORTRAN serta Assymbly.
  2. Kapasitas memori utama telah dikembangkan dari  Magnetic Core Storage.
  3. Memakai simpanan dari luar yang berupa magnetic tape dan magnetic disk.
  4. Ukuran fisiknya sudah lebih kecil jika dibandingkan dengan komputer generasi pertama.
  5. Proses operasi sudah lebih cepat, yaitu bisa melakukan jutaan operasi per detik.
  6. Kebutuhan terhadap daya listrik lebih kecil.
  7. Orientasinya penggunaan program tidak lagi tertuju pada aplikasi bisnis, tapi juga sudah pada aplikasi teknik.

Gen-3

Image result for komputer generasi 3
(gambar : Ilustrasi komputer generasi ketiga)

Pada tahun 1958 ditemukan Integrated Circuit (IC) oleh Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument. IC ini digunakan untuk menyatukan beberapa komponen dalam satu chip. penemuan ini juga masih digunakan hingga komputer generasi sekarang. Meskipun hanya terlahir IC namun ini dapat membuat komputer tidak mudah panas karena penggunaan transistor.

Ciri Komputer Generasi Ketiga :
  1. Penggunaan listrik lebih hemat.
  2. Peningkatan dari sisi software.
  3. Harganya semakin murah.
  4. Kapasitas memori lebih besar, dan dapat menyimpan ratusan ribu karakter (sebelumnya hanya puluhan ribu).
  5. Karena telah menggunakan IC maka kinerja komputer menjadi lebih tepat dan cepat.
  6. Kecepatannya hampir 10.000 kali lebih cepat dari komputer generasi pertama.
  7. Kemampuan melakukan multiprocessing dan multitasking.
  8. Telah menggunakan terminal visual display dan dapat mengeluarkan suara.
  9. Menggunakan media penyimpanan luar disket magnetik (external disk) yang sifat pengaksesan datanya secara acak (random access) dengan kapasitas besar (jutaan karakter).
  10. Kemampuan melakukan komunikasi dengan komputer lain

Gen-4

Image result for komputer generasi 4
(gambar : Ilustrasi komputer generasi keempat)

IBM PC - APPLE PC

Setelah adanya IC tujuan perkembangan komputer semakin jelas seperti mempercepat kinerja komputer, penyimpanan lebih besar, mengecilkan ukurann komputer dan penggunaan komputer yang bisa digunakan diberbagai bidang. Dengan kebutuhan komputer yang lebih kompleks lagi maka IC pun dikembangkan lagi. Seperti yang dilakukan oleh perusahaan Very Large Scale Integration dengan menciptakan Large  Scale Integration chip yang dapat menampung ratusan komponen. lalu dikembangkan kembali menjadi Very Large Scale Integration yang dapat menampung ratutan ribu dalam satu chip.

Pada tahun 1971 munculah chip intel 4004 yang berisikan central processing unit, memori, dan kendali input/output. Komputer generasi keempat ini digunakan untuk program word processing dan spreadsheet. Pada awal 1980-an, video game seperti Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada komputer rumahan yang lebih canggih dan dapat diprogram.

Munculnya komputer generasi keempat ini menimbulkan persaingan antara IBM PC dengan APPLE Macintosh. Masing - masing saling mengunggulkan produknya. Seperti Apple Macintosh menjadi terkenal karena memopulerkan sistem grafis pada komputernya, sementara saingannya masih menggunakan komputer yang berbasis teks. Macintosh juga memopulerkan penggunaan peranti mouse. Sedangkan IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. Jumlah PC yang digunakan melonjak dari 2 juta unit pada tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit pada tahun 1982. Sepuluh tahun kemudian, 65 juta PC digunakan. Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang berada di atas meja (desktop computer) menjadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau bahkan komputer yang dapat digenggam.

Ciri Komputer Generasi Keempat :
  1. Menggunakan LSI (Large Scale Integration).
  2. Dikembangkan komputer mikro yang sudah menggunakan semiconductor dan micro processor yang berbentuk chip untuk memori komputer.
  3. Komputer generasi keempat diantaranya adalah : AT, IBM PS/2, IBM PC/386, IBM 370, Apple II, IBM PC/XT, IBM PC/IBM PC/486.) IBM Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serial dari CPU buatan Intel).

Gen-5
Related image
(gambar : Ilustrasi Komputer Generasi Kelima)

Komputer generasi kelima ini adlah komputer yang saat ini sedang kita gunakan. Maka dari itu untuk mendeskripsikan komputer generasi kelima ini. Karena pastinya Komputer generasi ini akan terus dikembangkan dan belum terlihat kapan berhentinya. Komputer  generasi kelima ini memplopori munculnya smartphone, tablet dan notebook serta sejenis lainnya. 

Hingga saat ini banyak sekali raksa raksa dunia teknologi seperti perusahaan Microsoft dan Intel Corporation. Mereka seakan akan menjadi standaritas Perkembangan Software dan Hardware Komputer. Didirikan oleh W.Bill Gates perusahan ini menjadi pionir atas kemajuan teknologi di dunia. Komputer ini telah diprakasai oleh Artificial Intelligence dan GUI (Graphic User Interface).

Komputer Generasi Kelima ini telah memiliki fungsi yang sebenarnya bisa dibilang kompleks dikarenakan banyak peranti lunak yang dapat membantu pekerjaan diberbagai bidang pekerjaan manusia. Komputer generasi kelima ini diperkenalkan antara tahun 2000 dan 2001 hingga sekarang. Pada fase ini komputer telah memiliki prosesor yang cepat, penyimpanan yang besar, layar grafik yang jelas, multi media, penerimaan input output yang jelas dan tentunya lebih canggih lagi.

Ciri komputer generasi kelima :
  1. Masih menggunakan teknologi LSI, yang tentu saja memiliki banyak pengembangan
  2. Fitur-fitur yang semakin banyak
  3. Pemrosesan informasi yang jauh lebih cepat

Daftar Pustaka

  1. Roma Decade, Perkembangan Komputer : https://www.romadecade.org/sejarah-komputer/#!
  2. Wikipedia, Sejarah Perkembangan Komputer : https://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_komputer
  3. Wikipedia, Pengertian Komputer : https://id.wikipedia.org/wiki/Komputer

Komentar

Posting Komentar