PERKEMBANGAN GENERASI PROSESOR INTEL

Intel
Hasil gambar untuk intel
Produk ini merupakan produk yang dihasilkan oleh perusahaan Intel Corporation yang merupakan sebuah perusahaan multinasional yang bermarkas di Amerika Serikat dan berdiri sejak tahun 1968. Tentunya Intel tak hanya meluncurkan satu produk saja melainkan telah melahirkan beragam jenis dari tiap generasinya. Intel Juga memiliki jenis prosesor yang berbeda. Setiap jenis memiliki keunggulan dalam segi pekerjaan yang dibutuhkan user. Perhatikan gambar berikut ini.






Generasi Pertama ‘Nehalem dan Westmere

Nehalem / n ə ˈ h eɪ l əm / adalah nama kode untuk mikroarsitektur prosesor Intel yang dirilis pada November 2008. Nehalem digunakan pada generasi pertama prosesor Intel Core ( Core i7 dan i5 , dengan Core i3 , dengan Core i3 berdasarkan desain Westmere dan Sandy Bridge berikutnya ). Nehalem adalah penerus arsitektur mikro Core lama ( prosesor Intel Core 2 ).
Nama kode Intel "Nehalem" diambil dari Sungai Nehalem . Ini adalah arsitektur yang berbeda secara radikal dari Netburst , sambil mempertahankan beberapa fitur minor yang terakhir. Mikroprosesor berbasis Nehalem menggunakan proses 45 nm , berjalan pada kecepatan clock yang lebih tinggi, dan lebih hemat energi daripada mikroprosesor Penryn . Hyper-threading diperkenalkan kembali, bersama dengan pengurangan ukuran cache L2, serta cache L3 yang diperbesar yang dibagi di antara semua core.
Nehalem diganti dengan arsitektur mikro Sandy Bridge , dirilis pada Januari 2011.
Telah dilaporkan bahwa Nehalem memiliki fokus pada kinerja, sehingga meningkatkan ukuran inti. Dibandingkan dengan Penryn, Nehalem memiliki:

10–25% kinerja single-threaded lebih baik / 20–100% kinerja multithreaded lebih baik pada tingkat daya yang sama
30% konsumsi daya lebih rendah untuk kinerja yang sama
Rata-rata, Nehalem memberikan peningkatan kinerja per inti 15-20% per jam.
Overclocking dimungkinkan dengan prosesor Bloomfield dan chipset X58 . Prosesor Lynnfield menggunakan PCH menghapus kebutuhan untuk northbridge.

Prosesor Nehalem menggabungkan instruksi SSE 4.2 SIMD , menambahkan tujuh instruksi baru ke SSE 4.1 yang ditetapkan dalam seri Core 2. Arsitektur Nehalem mengurangi latensi operasi atom hingga 50% dalam upaya untuk menghilangkan overhead pada operasi atom seperti LOCK CMPXCHG bandingkan-dan-tukar instruksi.

Westmere (sebelumnya Nehalem-C ) adalah nama kode yang diberikan kepada Nehalem yang menyusut 32 nm . Sementara berbagi soket CPU yang sama, Westmere termasuk Intel HD, UHD dan Iris Graphics , Nehalem tidak.
Prosesor berbasis Westmere pertama diluncurkan pada 7 Januari 2010, oleh Intel Corporation.
Arsitektur Westmere telah tersedia di bawah merek Intel Core i3 , Core i5 , Core i7 , Pentium , Celeron dan Xeon.

Generasi Kedua ‘Sandy Bridge

Sandy Bridge adalah nama kode untuk mikroarsitektur yang digunakan dalam "generasi kedua" prosesor Intel Core ( Core i7 , i5 , i3 ) - mikroarsitektur Sandy Bridge adalah penerus arsitektur mikro Nehalem. Intel mendemonstrasikan prosesor Sandy Bridge pada 2009, dan merilis produk pertama berdasarkan arsitektur pada Januari 2011 di bawah merek Core .
Sandy Bridge diproduksi dalam proses 32 nanometer , sedangkan generasi berikutnya Intel Ivy Bridge (diumumkan 2011) menggunakan 22 nanometer die shrink. Ini dikenal sebagai model tick-tock. Ini adalah mikroarsitektur Intel terakhir yang secara resmi mendukung driver Windows Vista.
Peningkatan kinerja rata-rata, menurut IXBT Labs dan Semi Accurate serta banyak situs pembandingan lainnya, pada jam ke jam adalah 11,3% dibandingkan dengan generasi Nehalem, yang mencakup prosesor Bloomfield, Clarkdale, dan Lynnfield.
Sekitar dua kali kinerja grafis terintegrasi dibandingkan dengan Clarkdale (perbandingan 12 UE ).

Generasi Ketiga ‘Ivy Bridge

Ivy Bridge adalah nama kode untuk "generasi ketiga" dari prosesor Intel Core ( Core i7 , i5 , i3 ). Ivy Bridge adalah proses penyusutan hingga 22 nanometer berdasarkan Sandy Bridge 32 nanometer ("generasi kedua" dari Intel Core) - lihat model tick-tock . Nama ini juga diterapkan secara lebih luas pada susut mati 22 nm mikroarsitektur Sandy Bridge berdasarkan transistor Tri-Gate FinFET ("3D"), yang juga digunakan dalam Xeon dan Core i7 Ivy Bridge-EX (Ivytown), Ivy Mikroprosesor Bridge-EP dan Ivy Bridge-E dirilis pada 2013.

Prosesor Ivy Bridge kompatibel dengan platform Sandy Bridge, tetapi sistem tersebut mungkin memerlukan pembaruan firmware (khusus vendor). Pada 2011, Intel merilis chipset Panther Point 7 seri dengan USB 3.0 terintegrasi untuk melengkapi Ivy Bridge.

Volume produksi chip Ivy Bridge dimulai pada kuartal ketiga 2011. Quad-core dan model dual-core-mobile diluncurkan masing-masing pada tanggal 29 April 2012 dan 31 Mei 2012. Prosesor desktop Core i3, serta Pentium 22 nm pertama, diumumkan dan tersedia pada minggu pertama September 2012.

Ivy Bridge adalah platform Intel terakhir yang sepenuhnya mendukung Windows XP dan mikroarsitektur Intel paling awal yang secara resmi mendukung Windows 10 64-bit.

Ivy Bridge CPU microarchitecture adalah psikiater dari Sandy Bridge dan sebagian besar tetap tidak berubah. Seperti pendahulunya, Sandy Bridge, Ivy Bridge juga dikembangkan oleh cabang Intel Israel, yang berlokasi di Haifa, Israel. Peningkatan penting meliputi:
Transistor tri-gerbang 22 nm ("3-D") (konsumsi daya hingga 50% lebih rendah pada tingkat kinerja yang sama dengan transistor planar 2-D).
Generator nomor acak baru dan instruksi RdRand, dengan nama sandi Bull Mountain.

Generasi Keempat ‘Haswell dan Haswell Refresh

Haswell adalah nama kode untuk mikroarsitektur prosesor yang dikembangkan oleh Intel sebagai penerus "generasi keempat" untuk mikroarsitektur Ivy Bridge. Intel secara resmi mengumumkan CPU berdasarkan mikroarsitektur ini pada tanggal 4 Juni 2013, di Computex Taipei 2013, sementara chip Haswell yang berfungsi didemonstrasikan di Forum Pengembang Intel 2011. Dengan Haswell, yang menggunakan proses 22 nm, Intel juga memperkenalkan prosesor berdaya rendah yang dirancang untuk ultrabook convertible atau "hybrid", yang ditentukan oleh akhiran "Y".
CPU Haswell digunakan bersama dengan chipset Intel 8 Series , chipset Intel 9 Series , dan chipset Intel C220 series .

Performa Sekitar 8% pemrosesan vektor lebih cepat. Kinerja single-threaded hingga 5% lebih tinggi 6% lebih tinggi kinerja multi-utas. Varian desktop dari Haswell menarik antara 8% dan 23% lebih banyak daya di bawah beban daripada Ivy Bridge. Peningkatan kinerja CPU berurutan 6% (delapan port eksekusi per inti versus enam). Peningkatan kinerja hingga 20% dibandingkan HD4000 GPU terintegrasi (Haswell HD4600 vs Ivy Bridge Intel HD4000 ). Peningkatan total kinerja rata-rata adalah sekitar 3%. Sekitar 15 ° C lebih panas daripada Ivy Bridge, sementara frekuensi clock lebih dari 4,6 GHz dapat dicapai.

Sekitar pertengahan 2014, Intel merilis menyegarkan Haswell, hanya berjudul Haswell Refresh . Jika dibandingkan dengan jajaran CPU Haswell asli, Haswell Refresh CPU menawarkan sedikit peningkatan frekuensi clock, biasanya 100 MHz. Haswell Refresh CPU didukung oleh chipset 9 Series Intel (Z97 dan H97, diberi kode Wildcat Point ), sementara motherboard dengan chipset 8 Series (diberi kode Lynx Point ) biasanya memerlukan pembaruan BIOS untuk mendukung Haswell Refresh CPU.

CPU dengan nama kode Devil's Canyon , yang mencakup SKU seri-i5 dan i7, menggunakan bahan antarmuka termal baru dan lebih baik (TIM) yang disebut bahan antarmuka termal polimer generasi berikutnya ( NGPTIM ). Peningkatan TIM ini mengurangi suhu operasi CPU dan meningkatkan potensi overclocking, sebagai sesuatu yang bermasalah sejak diperkenalkannya Ivy Bridge. Perubahan lain untuk Devil's Canyon CPU termasuk peningkatan TDP menjadi 88 W, kapasitor decoupling tambahan untuk membantu memuluskan output dari regulator tegangan terintegrasi penuh (FIVR), dan dukungan untuk VT-d yang sebelumnya terbatas pada non SKU -K-series. TSX adalah fitur lain yang dibawa dari SKU non-K-series, hingga Agustus 2014 ketika pembaruan kode mikro menonaktifkan TSX karena bug yang ditemukan dalam implementasinya.

Generasi kelima ‘Broadwell

Broadwell adalah nama kode Intel untuk mikroarsitektur Haswell berukuran 14 nanometer . Ini adalah "centang" pada prinsip tick-tock Intel sebagai langkah selanjutnya dalam pembuatan semikonduktor. Seperti beberapa iterasi tick-tock sebelumnya, Broadwell tidak sepenuhnya menggantikan seluruh jajaran CPU dari mikroarsitektur sebelumnya ( Haswell ), karena tidak ada CPU desktop kelas bawah yang berbasis Broadwell.

Beberapa prosesor berbasis mikroarsitektur Broadwell dipasarkan sebagai prosesor "Core generasi ke-5" i3, i5 dan i7. Namun moniker ini tidak digunakan untuk pemasaran chip Celeron, Pentium atau Xeon yang berbasis Broadwell. Arsitektur mikro ini juga memperkenalkan branding prosesor Core M.

Varian H dan C Broadwell digunakan bersama dengan chipset Intel 9 Series ( Z97 , H97 dan HM97), sebagai tambahan untuk mempertahankan kompatibilitas dengan beberapa chipset Intel 8 Series .
Generasi keenam ‘Skylake

Skylake adalah nama kode yang digunakan oleh Intel untuk prosesor mikroarsitektur yang diluncurkan pada Agustus 2015 menggantikan mikroarsitektur Broadwell. Skylake adalah desain ulang mikroarsitektur yang menggunakan teknologi proses manufaktur 14 nm yang sama seperti pendahulunya, berfungsi sebagai "tok" dalam model manufaktur dan desain " tik-tok " Intel. Menurut Intel, desain ulang menghadirkan kinerja CPU dan GPU yang lebih besar dan konsumsi daya yang berkurang. CPU Skylake berbagi mikroarsitekturnya dengan CPU Kaby Lake, Coffee Lake dan Cannon Lake.

Skylake adalah platform Intel terakhir di mana Windows lebih awal dari Windows 10 akan secara resmi didukung oleh Microsoft , meskipun ada modifikasi yang dibuat dengan antusias yang memungkinkan Windows 8.1 dan sebelumnya untuk terus menerima pembaruan pada platform selanjutnya.

Beberapa prosesor berbasis mikroarsitektur Skylake dipasarkan sebagai "Core generasi ke-6".

Intel secara resmi mendeklarasikan akhir kehidupan dan menghentikan CPU Skylake LGA 1151 pada 4 Maret 2019

Generasi Ketujuh ‘Kaby Lake dan Kalby Lake Refresh

Kaby Lake adalah nama kode Intel untuk mikroarsitektur prosesor yang diumumkan Intel pada 30 Agustus 2016. Seperti Skylake sebelumnya, Kaby Lake diproduksi menggunakan teknologi proses manufaktur 14 nanometer. Berpisah dengan model manufaktur dan desain " tick-tock " Intel sebelumnya, Kaby Lake mewakili langkah yang dioptimalkan dari model "proses-arsitektur-optimisasi" yang lebih baru. Kaby Lake mulai mengirim ke produsen dan OEM pada kuartal kedua 2016, dan chip seluler telah mulai dikirimkan sementara chip Kaby Lake (desktop) secara resmi diluncurkan pada Januari 2017.

Pada bulan Agustus 2017, Intel mengumumkan Kaby Lake Refresh ( Kaby Lake R ) yang dipasarkan sebagai CPU mobile generasi ke-8, memutus siklus panjang di mana arsitektur cocok dengan generasi CPU yang sesuai. Skylake diantisipasi untuk digantikan oleh Danau Cannon 10 nanometer , tetapi diumumkan pada Juli 2015 bahwa Danau Cannon telah ditunda hingga paruh kedua tahun 2017. Di Sementara itu, Intel merilis generasi keempat 14 nm pada 5 Oktober 2017, bernama Coffee Lake.

Kaby Lake adalah platform Intel pertama yang kekurangan dukungan driver resmi untuk versi Windows yang lebih tua dari Windows 10. Selanjutnya, Pembaruan Windows dinonaktifkan di bawah Windows 8.1 dan sebelumnya, meskipun modifikasi yang dibuat antusias dirilis yang menonaktifkan pemeriksaan dan memungkinkannya untuk terus bekerja pada platform.

Dibangun pada proses 14 nm yang ditingkatkan (14FF +), Kaby Lake menghadirkan kecepatan jam CPU yang lebih cepat, perubahan kecepatan jam, dan frekuensi Turbo yang lebih tinggi. Di luar proses ini dan perubahan kecepatan jam, sedikit dari arsitektur CPU telah berubah dari Skylake, menghasilkan IPC identik (Instructions Per Clock).

Kaby Lake memiliki arsitektur grafis baru untuk meningkatkan kinerja dalam grafik 3D dan pemutaran video 4K. Ia menambahkan dukungan HDCP 2.2 asli, bersama dengan decode fungsi tetap H.264 , HEVC Main dan Main10 / 10-bit, dan video VP9 10-bit dan 8-bit. Enkode perangkat keras didukung untuk H.264 , HEVC Main10 / 10-bit, dan video VP9 8-bit. VP9 10-bit encode tidak didukung di perangkat keras. OpenGL 4.6 dan OpenCL 2.1 sekarang didukung.

Kaby Lake adalah arsitektur Core pertama yang mendukung hyper-threading untuk SKU CPU desktop bermerek Pentium. Kaby Lake juga menghadirkan CPU bermerek i3 yang diaktifkan dengan overclocking pertama.

Generasi Kedelapan ‘Coffee Lake

Coffee Lake adalah nama kode Intel untuk penyempurnaan simpul proses 14 nm kedua berikut Broadwell , Skylake , dan Kaby Lake. Grafik terintegrasi pada chip Coffee Lake memungkinkan dukungan untuk konektivitas DP 1.2 ke HDMI 2.0 dan HDCP 2.2. Coffee Lake secara alami mendukung memori DDR4-2666 MHz dalam mode kanal ganda bila digunakan dengan CPU Xeon, Core i5, i7 dan i9, memori DDR4-2400 MHz dalam mode kanal ganda bila digunakan dengan CPU Celeron, Pentium, dan Core i3, dan LPDDR3- Memori 2133 MHz saat digunakan dengan CPU seluler.

Desktop Coffee Lake CPU memperkenalkan perubahan besar dalam nomenklatur CPU Intel Core, di mana CPU i5 dan i7 menampilkan enam core (bersama dengan hyper-threading dalam kasus yang terakhir). CPU Core i3, memiliki empat core dan menjatuhkan hyper-threading untuk pertama kalinya, menerima perubahan juga. Rilis generasi ke-9 pada Oktober 2018 selanjutnya mengubah nomenklatur, dengan Core i7 pindah ke 8 core dan menjatuhkan hyper-threading untuk pertama kalinya, dan prosesor desktop utama Core i9 desktop baru dirilis, menampilkan 8 core dengan hyper-threading.

Chip ini dirilis pada 5 Oktober 2017. Coffee Lake digunakan bersama dengan chipset seri 300, dan secara resmi tidak bekerja dengan motherboard chipset seri 100 dan 200. Meskipun prosesor Coffee Lake desktop menggunakan soket fisik LGA 1151 yang sama seperti Skylake dan Kaby Lake, pinout secara elektrik tidak kompatibel dengan prosesor dan motherboard yang lebih tua ini.

Pada tanggal 2 April 2018, Intel merilis desktop tambahan Core i3, i5, i7, Pentium Gold, Celeron CPU, CPU mobile Core i7 dan i9 enam-core pertama, CPU mobile Core i5 mobile empat-core, dan Coffee pertama Danau ultra-power CPU dengan grafis Intel Iris Plus.

Pada 8 Oktober 2018, Intel meluncurkan CPU Lake Refresh generasi ke-9 hingga delapan core. Untuk menghindari masalah termal pada kecepatan clock yang tinggi, Intel menyolder integrated heat spreader (IHS) ke CPU die alih-alih menggunakan thermal paste pada Core i7 dan i9; Core i5 dan di bawahnya masih menggunakan thermal paste antara CPU die dan IHS.

Generasi Kesembilan ‘Cannon Lake

Cannon Lake (sebelumnya Skymont ) adalah nama kode Intel untuk penyusutan mati 10-nanometer dari mikroarsitektur Danau Kaby . Sebagai cetakan, Cannon Lake adalah proses baru dalam rencana pelaksanaan " Proses-Arsitektur-Optimasi " Intel sebagai langkah selanjutnya dalam pembuatan semikonduktor. CPU Cannon Lake adalah CPU arus utama pertama yang menyertakan set instruksi AVX-512 .

Sebelum peluncuran Cannon Lake, Intel meluncurkan penyempurnaan proses 14 nm lainnya dengan codename Coffee Lake.

Penerus arsitektur mikro Cannon Lake adalah Ice Lake , yang mewakili fase arsitektur dalam Model Proses-Arsitektur-Optimasi Intel .

Cannon Lake awalnya diharapkan akan dirilis pada 2015/ 2016, tetapi rilis itu didorong kembali ke 2018. Intel menunjukkan laptop dengan Cannon Lake CPU yang tidak dikenal di CES 2017 dan mengumumkan bahwa Produk berbasis Cannon Lake akan tersedia pada tahun 2018 paling awal.

Di CES 2018 Intel mengumumkan bahwa mereka telah mulai mengirimkan CPU Cannon Lake mobile pada akhir 2017 dan akan meningkatkan produksi pada 2018.

Pada tanggal 26 April 2018 dalam laporannya mengenai hasil keuangan kuartal pertama 2018, Intel menyatakan saat ini mengirim produk volume rendah 10 nm dan mengharapkan produksi volume 10 nm beralih ke 2019. Pada Juli 2018, Intel mengumumkan bahwa volume produksi Danau Cannon akan ditunda lagi, hingga akhir Q2 2019.

Laptop pertama yang menampilkan CPU Cannon Lake, yaitu Intel Core i3-8121U, CPU dual core dengan HyperThreading dan Turbo Boost tetapi tanpa GPU terintegrasi, dirilis pada Mei 2018 dalam jumlah yang sangat terbatas.

Pada 16 Agustus 2018, Intel mengumumkan dua model NUC baru akan menggunakan CPU Cannon Lake-U i3-8121U 10nm. Model-model ini kemudian menjadi lebih tersedia di ritel pada akhir November 2018.

Generasi Kesepuluh ‘Ice Lake

Ice Lake adalah nama kode Intel untuk prosesor Intel Core generasi ke-10 berdasarkan mikroarsitektur Sunny Cove yang baru. Ice Lake diharapkan untuk menggantikan mikroprosesor berdasarkan mikroarsitektur Skylake pada 2019 dan 2020, mewakili langkah arsitektur dalam model Proses-Arsitektur-Optimasi Intel. Ice Lake diproduksi pada generasi kedua dari proses 10 nm Intel, 10 nm +, menjadi mikroarsitektur Intel kedua yang akan diproduksi pada proses 10 nm setelah peluncuran terbatas Cannon Lake pada 2018.

Ice Lake dirancang oleh tim desain prosesor Intel Israel di Haifa, Israel.

Intel merilis rincian Ice Lake selama Intel Architecture Day pada bulan Desember 2018, yang menyatakan bahwa inti Ice Cove di Sunny Cove akan berfokus pada kinerja single-thread, instruksi baru, dan peningkatan skalabilitas. Intel menyatakan bahwa peningkatan kinerja akan dicapai dengan menjadikan inti "lebih dalam, lebih luas, dan lebih pintar".

Inti Ice Lake dibangun, Sunny Cove, menampilkan peningkatan 50% dalam ukuran cache data L1, cache L2 lebih besar (tergantung ukuran produk), cache μop lebih besar, dan TLB level 2 yang lebih besar. Inti juga meningkat lebar, dengan meningkatkan port eksekusi dari 8 menjadi 10 dan dengan menggandakan bandwidth toko L1. Lebar alokasi juga meningkat dari 4 menjadi 5. Skema paging 5-tingkat mendukung ruang Alamat Linear hingga 57 bit dan ruang alamat fisik hingga 52 bit, meningkatkan ruang memori virtual menjadi 128 PB, naik dari 256 TB, dan memori fisik yang dapat dialamatkan hingga 4 PB, naik dari 64 TB.

Ice Lake menampilkan grafik Intel Gen11, meningkatkan jumlah unit eksekusi (EU) menjadi 64, dari 24 atau 48 di grafik Gen9.5, mencapai lebih dari 1 TFLOPS kinerja komputasi. Setiap UE mendukung 7 utas, artinya desain memiliki 512 pipa bersamaan. Memberi makan UE ini adalah cache L3 3 MB, peningkatan empat kali lipat dari Gen9.5, bersamaan dengan peningkatan bandwidth memori yang dimungkinkan oleh LPDDR4X pada platform seluler berdaya rendah. Grafik Gen11 juga memperkenalkan rendering berbasis ubin dan Coarse Pixel Shading (CPS), implementasi Intel dari variable-rate shading (VRS). Arsitekturnya juga mencakup desain encoder HEVC yang semuanya baru.

Pada 1 Agustus 2019, Intel merilis spesifikasi IceLake U dan Y CPU. CPU Y kehilangan akhiran Y dan penamaan m3 mereka; sebaliknya, Intel menggunakan nol tambahan untuk menunjukkan paket daya mereka (9W).

Pra-pemesanan untuk laptop yang menampilkan Ice Lake CPU dimulai pada Agustus 2019, diikuti oleh pengiriman pada bulan September.

Daftar Pustaka

https://abuditec.wordpress.com/tag/prosesor-adalah-komponen-komputer-yang-merupakan-sebagai-otak/
http://blog.unnes.ac.id/sutrisno/2017/03/06/pengertian-processor-dan-cara-kerjanya-secara-lebih-lengkap/
https://id.wikipedia.org/wiki/Unit_Pemroses_Sentral
https://nurfajarsidiq.wordpress.com/tentang-ti/sejarah-perkembangan-processor/
https://en.wikipedia.org/wiki/Nehalem_(microarchitecture)
https://www.utopicomputers.com/pengertian-processor-fungsi-dan-jenis-jenisnya/
https://translate.google.com/translate?u=https://en.wikipedia.org/wiki/Westmere_(microarchitecture)&hl=id&sl=en&tl=id&client=srp
https://translate.google.com/translate?hl=id&sl=en&u=https://en.wikipedia.org/wiki/Nehalem_(microarchitecture)&prev=search
https://translate.google.com/translate?hl=id&sl=en&u=https://en.wikipedia.org/wiki/Sandy_Bridge&prev=search
https://translate.google.com/translate?u=https://en.wikipedia.org/wiki/Ivy_Bridge_(microarchitecture)&hl=id&sl=en&tl=id&client=srp
https://translate.google.com/translate?u=https://en.wikipedia.org/wiki/Haswell_(microarchitecture)&hl=id&sl=en&tl=id&client=srp
https://translate.google.com/translate?u=https://en.wikipedia.org/wiki/Broadwell_(microarchitecture)&hl=id&sl=en&tl=id&client=srp
https://translate.google.com/translate?u=https://en.wikipedia.org/wiki/Skylake_(microarchitecture)&hl=id&sl=en&tl=id&client=srp
https://translate.google.com/translate?u=https://en.wikipedia.org/wiki/Kaby_Lake&hl=id&sl=en&tl=id&client=srp
https://translate.google.com/translate?hl=id&sl=en&u=https://en.wikipedia.org/wiki/Ice_Lake_(microprocessor)&prev=search
https://translate.google.com/translate?u=https://en.wikipedia.org/wiki/Coffeelake&hl=id&sl=en&tl=id&client=srp
https://translate.google.com/translate?hl=id&sl=en&u=https://en.wikipedia.org/wiki/Cannon_Lake_(microarchitecture)&prev=search

Komentar